Sejarah

SMAN 1 Anyer telah berdiri sejak tahun 1985. Pada tahun 2003 menjadi sekolah terpadu hingga tahun 2008. Tepatnya pada tanggal 30 Juli 2004 sekolah tersebut di negerikan statusnya oleh pemerintah dengan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor: 420/KEP/1404-DisPen. Kemudian pada tahun 2017 menjadi RSSN dan berakreditasi A.

Berdirinya sekolah ini dilatarbelakangi oleh banyaknya lulusan SMPN/MTs yang tidak melanjutkan ke SMA/MA/SMK yang sederajat, di wilayah Kecamatan Anyer ada 2 lembaga pendidikan tingkat SMPN/MTs, sementara tingkat SMA hanya ada 1 lembaga yaitu MA Swasta. Oleh karena itu, muncullah desakan dari para tokoh dan masyarakat Kecamatan Anyer dan sekitarnya agar segera dibangun sekolah SMA Negeri supaya anak-anak lulusan SMP/MTs bisa melanjutkan sekolah lebih tinggi dan bisa menjadi anak-anak yang cerdas.

SMAN 1 Anyer berdiri karena dorongan oleh rasa tanggung jawab dari para pendirinya. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang pendidikan yaitu sangat dibutuhkannya lembaga pendidikan yang dapat dijangkau oleh masyarakat tingkat ekonomi ke bawah, yang dapat mendidik anak-anaknya menjadi generasi yang berwawasan tinggi serta memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi, maka didirikanlah SMAN 1 Anyer.